Kuliah Di Malaysia | Biroktisasi dan Monopoli Sertifikasi Halal

K

Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM PBNU) menyoroti dua hal terkait regulasi yang berkaitan dengan sertifikasi halal di Indonesia. LBM PBNU menggarisbawahi soal semangat dan keadilan regulasi jaminan produk halal. LBM PBNU menyatakan bahwa sertifikasi halal bukan kesempatan ekonomi, tetapi sepenuhnya layanan publik untuk proteksi ekonomi, produsen dan konsumen.

Selain itu, LBM PBNU juga menyatakan bahwa regulasi terkait jaminan produk halal harus bersifat akomodasi yang non-monopolistik sehingga regulasi tidak bersifat monopolistik yang tidak memberikan kesempatan partisipasi masyarakat sipil. Sertifikasi halal seharusnya dilandasi dengan semangat perlindungan dan layanan bagi publik.

kuliah di malaysia

Oleh karenanya, regulasi —baik undang-undang maupun peraturan pemerintah— terkait pelaksanaan sertifikasi halal harus memotong jalan panjang birokrasi agar memudahkan dan meringankan produsen dan pelaku usaha kecil.

PBNU berencana melayangkan gugatan terhadap beberapa pasal yang bertentangan dengan asas layanan publik dan pasal yang bersifat monopoli ke Mahkamah Konstitusi. Sebagaimana diketahui, sertifikasi halal merupakan amanat dari Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) yang mengharuskan produk makanan, minuman, kosmetik, obat-obatan, dan benda lain yang wajib tersertifikasi halal.

Walaupun dengan adanya peristiwa ini, industri halal tidak akan terganggu dengan adanya peristiwa ini. Proses sertifikasi halal tetap berjalan. Walaupun masih kurangnya auditor halal. Untuk dapat menjadi auditor halal, harus tahu betul seluk beluk tentang halal serta harus mengenyam pendidikan Manajemen Halal, dimana prodi ini hanya ada di Kampus Manajemen Halal(KMH). Jom la Kuliah di Malaysia! Karena di KMH juga memberikan beasiswa untuk Kuliah di Malaysia! Apply sekarang juga!

Informasi KMH :
www.kampusmanajemenhalal.com atau kunjungi facebook dan instagram kami!

Informasi beasiswa hubungi : 0813-1616-8700

Komentar

oleh Official KMH

Tentang

Dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai pemain utama Industri Halal Dunia, Kampus Manajemen Halal (KMH) hadir sebagai lembaga pendidikan alternatif untuk percepatan penyiapan sumberdaya manusia yang berkompeten sebagai ahli manajemen Industri Halal. KMH di dukung penuh oleh UNITI Kolej Malaysia, sebagai perguruan tinggi pertama di dunia yang mengembangkan program studi Manajemen Industri Halal.

Hubungi Kami

Tanya apa saja!