Hal-hal yang menarik jika kamu kuliah di Malaysia

H

Kalian ingin kuliah di luar negeri? Ya pasti…semua orang pengen kuliah di luar negeri. Kalian tahu nggak Malaysia masuk ke dalam pilihan favorit calon mahasiswa baru di Indonesia loh. Kenapa bisa gitu ya?

kuliah di luar negeri

Malaysia adalah negara tetangga yang paling dekat dengan Indonesia. Banyak kemiripan yang ada pada Malaysia dengan Indonesia, mulai dari budaya, kultur, makanan dan lain-lain. Malaysia juga memiliki budaya melayu sama dengan Indonesia. Mungkin ini juga yang mempengaruhi mahasiswa-mahasiswa di Indonesia lebih tertarik menjadikan Malaysia tujuan selanjutnya untuk mengenyam pendidikan tingkat atas.

Selain itu, biaya kuliah di Malaysia terbilang lebih terjangkau oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia ketimbang negara-negara lain seperti Singapura, Australia, dan Thailand.

Penasaran? Yuk kita simak lebih lanjut hal-hal menarik yang kamu harus tahu jika ingin kuliah di Malaysia.

1. Harus terbiasa berkomunikasi dengan “Manglish” atau Malaysian-English

Suasana KMH

Sudah bukan hal lazim lagi bagi masyarakat Indonesia bahwa Malaysia memang sering menggabungkan Bahasa melayu dengan Bahasa Inggris setiap mereka sedang berkomunikasi. Hal tersebut, bukan untuk gaya-gayaan loh, tapi hal tersebut sudah dilakukan oleh para pendahulu mereka hingga sekarang, mungkin sampe kapanpun seperti itu. Lalu kalo yang gak bisa Bahasa Inggris bagaimana?

Eitss… tenang aja, walaupun orang Malaysia sering menggunakan English dalam percakapannya bukan berarti orang Malaysia tidak mau diajak bicara jika tidak dengan Bahasa inggris. Masyarakat disini, sangat mengetahui dengan siapa yang dia ajak bicara, jika mereka bertemu dengan orang-orang Indonesia pasti mereka akan lebih mengutamakan menggunakan Bahasa Melayu. Jadi tidak perlu khawatir yang gak fasih berbahasa Inggris.

Oiya… kalian juga harus tahu dulu nih bahwa Bahasa melayu Malaysia dengan Bahasa Indonesia juga ada yang berbeda loh. Contoh seperti ini, kata “Pusing” dalam Bahasa Indonesia berarti “Sakit”. Beda halnya dengan Malaysia, kata “Pusing” berarti “Jalan atau  Belok” seperti “Pusing kanan” artinya “Belok kanan”, “Pusing kiri” artinya “Belok kiri”. Jadi kalian harus cermati setiap omongan mereka terlebih dahulu.

2. Hampir semua universitas di Malaysia menggunakan sistem serba online

kuliah di luar negeri

Kalau kamu ingin kuliah di Malaysia, kamu sudah harus siap dengan sistem yang serba online. Mulai dari sistem pembayaran, pemberitahuan tugas-tugas dan materi, jumlah tunggakan selama kuliah hingga hasil ujian. Mungkin hal-hal ini dilakukan agar universitas di Malaysia bisa sejajar dengan universitas-universitas di negara maju seperti Inggris, Amerika, Belanda, dan Singapura.

3. Harus terbiasa presentasi dengan Bahasa Inggris full

kuliah di luar negeri

Apa yang kalian pikirkan dengan “Presentasi” ? pasti kalian akan merasakan deg-degan, ragu-ragu, kurang percaya diri, dan panik. Presentasi dalam Bahasa Indonesia saja sudah buat kita deg-degan dan kurang percaya diri. Banyak juga yang mengibaratkan presentasi ini sebagai cobaan paling berat ketimbang ujian. Lalu, bagaimana jika presentasinya harus berbahasa inggris ? hmmm… pasti udah kayak ditolak cinta kita sama si gebetan deh pastinya.

Kampus-kampus Malaysia menerapkan seperti ini bukan tanpa tujuan loh. Mereka bertujuan agar mahasiswa-mahasiswanya mampu menjadi seorang professional yang banyak disukai oleh perusahaan-perusahaan di dalam maupun di luar negeri.

Bagi kalian yang gak bisa berbahasa inggris jangan perlu takut, hal ini bertujuan baik kok buat diri anda. Mungkin pertama-pertama kalian pasti bakalan takut, kurang percaya diri, gagap Bahasa Inggrisnya. Tetapi setelah 2-3 kali presentasi, pasti hal-hal sebelumnya itu akan hilang dan menjadi terbiasa.

4. Menjadi “Duta Pariwisata” dadakan di Kampus

kuliah di luar negeri

Di Malaysia, kita dapat berjumpa mahasiswa-mahasiswa dari berbagai macam negara. Kebanyakan mahasiswa tidak tahu sama sekali soal Indonesia. Mungkin, kebanyakan mahasiswa manca negara lebih kenal “Bali” ketimbang Indonesia. Nah, disitu kalian bisa masuk sebagai “Duta Pariwisata dadakan” yang akan mempromosikan Indonesia kepada mahasiswa manca negara yang penasaran dengan Indonesia.

5. Banyak tempat makanan halal yang dapat ditemukan (bagi yang beragama Islam)

kuliah di luar negeri

Hal terutama yang paling menjadi pikiran mahasiswa jika ingin kuliah di luar negeri pasti adalah takut susah mencari makanan-makanan halal. Di berbagai negara ini memang banyak sekali yang minim tempat makanan halal yang dapat dikonsumsi oleh mahasiswa-mahasiswa di luar negeri. Hal tersebut dikarenakan banyak masyarakat di negara tersebut beragama non-Islam.

Beda dengan Malaysia, disini kalian masih banyak sekali menemukan tempat-tempat makanan halal yang dapat kalian kunjungi. Hal itu dikarenakan mayoritas agama di Malaysia sama dengan Indonesia yaitu Islam.

kuliah di luar negeri

Nah itulah, beberapa hal menarik jika kalian ingin kuliah di Malaysia. Oh iya, satu info lagi yaitu di Malaysia banyak sekali beasiswa-beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah di Malaysia. Mulai dari biaya registrasi, biaya per semester, biaya asrama, dan lain-lain. Bahkan di beberapa kampus di Malaysia menggratiskan keberangkatan bagi mahasiswa yang akan kuliah di Malaysia, seperti contoh Kampus Manajemen Halal yang berada di Negeri Sembilan, Malaysia.

Komentar

oleh Official KMH

Tentang

Dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai pemain utama Industri Halal Dunia, Kampus Manajemen Halal (KMH) hadir sebagai lembaga pendidikan alternatif untuk percepatan penyiapan sumberdaya manusia yang berkompeten sebagai ahli manajemen Industri Halal. KMH di dukung penuh oleh UNITI Kolej Malaysia, sebagai perguruan tinggi pertama di dunia yang mengembangkan program studi Manajemen Industri Halal.

Hubungi Kami

Tanya apa saja!