Kuliah Di Malaysia | Halal is My Lifestyle

Halal sebagai gaya hidup tentu bermakna luas, mencakup semua bidang kehidupan. Halal dalam makanan dan minuman, halal dalam obat-obatan, halal dalam pakaian, halal dalam pekerjaan dan usaha, halal dalam kegiatan ekonomi, halal dalam kegiatan parawisata dan segala yang terkait dengan nya, seperti hotel, restoran dan lain sebagainya.

Gaya hidup menunjukan pola tingkah laku, bagaimana orang hidup, bekerja, membelanjakan uangnya dan bagaimana mengalokasikan waktu. Gaya hidup mencerminkan keseluruhan pribadi yang berinteraksi dengan lingkungan. Jika dikaitkan dengan kata halal, maka sangat berkaitan erat dengan gaya hidup. Apalagi lagi jika konsumennya sorang muslim. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa halal sebagai gaya hidup adalah pola hidup seseorang yang dinyatakan dalam kegiatan atau aktivitas yang halal, membelanjakan uangnya untuk makan, minum dan pemenuhan kebutuhan pokok lainnya serta bagaimana mengalokasikan waktu secara halal.

kuliah di malaysia

Lalu mengapa harus halal? Karena halal ini akan memberikan dampak positif yang sangat besar terhadap kehidupan lainnya, dan terutama terhadap perilaku keseharian umat dan bangsa serta karakter dan akhlaqnya secara lebih luas. Dalam kaitan dengan halal ini, maka cara mendapatkan rizki atau penghasilan harus benar-benar sesuai dengan aturan syari’ah maupun undang-undang yang berlaku bagi bangsa dan Negara kita. Tidak boleh kita mencari penghasilan dengan cara yang bathil, seperti suap atau risywah atau korupsi yang semakin hari nampaknya semakin banyak dilakukan, terutama oleh para pejabat publik yang mendapatkan amanah mengurus urusan masyarakat.

kuliah di malaysia

Gaya hidup halal dapat dimulai dengan menekankan pentingnya produk-produk seperti makanan, obat-obatan atau pun kosmetik yang halal. Hal tersebut dapat dijamin dengan melihat ada tidaknya label halal yang ditunjukkan. Karena itu, halal (baik substansi maupun cara mendapatkannya) sebagai gaya hidup harus menjadi perhatian kita bersama. Semua komponen bangsa harus terlibat aktif dalam gerakan halal ini sekaligus mempelopori dan memberi contoh.

Tambah komentar