Meningkatnya Kosmetik Halal di Malaysia

KUALA LUMPUR- Meski ada banyak merek kosmetik di pasaran, wanita muslim cenderung lebih memilih kosmetik halal di Malaysia. Hal ini dilakukan walaupun pilihannya tidak sebanyak kosmetik tanpa sertifikasi halal. Produk kosmetik halal muncul sebagai segmen konsumen dengan pertumbuhan tercepat di Malaysia, menurut laporan di situs web Ministry of International Trade and Industry (MITI). Hal ini tentunya menjadi kabar positif bagi umat muslim lain agar merasa tenang saat membeli kosmetik halal di Malaysia.

The Halal Industry Development Corporation (HDC) menyatakan bahwa saat ini ada lebih dari 100 perusahaan kosmetik dan perawatan pribadi yang sudah tersertifikasi sebagai produk halal. Perusahaan tersebut termasuk diantaranya Wipro Unza, Southern Lion, Johnson&Johnson, SimpliSiti, Clara International, Eversoft, Safi, Silky Girl dan Shokubutso. Tentu saja perusahaan tersebut merupakan perusahaan ternama yang memiliki konsumen dari berbagai kalangan tidak terkecuali umat muslim.

Apa Syarat Produk Kosmetik Halal?

Datuk Dr. Sirajuddin, Direktur Divisi Halal Hub di Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM) menjelaskan mengenai produk kosmetik halal. Kosmetik halal adalah produk yang diijinkan berdasarkan hukum syariah dan harus memenuhi persyaratan tertentu. “Tidak mengandung bagian manusia apa pun yang berasal darinya. Bebas dari bahan yang berasal dari binatang yang dilarang bagi umat Islam. Bebas dari binatang yang disembelih dengan cara yang non-halal. Bebas dari organisme hasil rekayasa genetika yang telah dinyatakan najis menurut praktik hukum Islam.” Beliau juga menambahkan bahwa selama persiapan, pengolahan atau pembuatan, tidak boleh ada kontak (dengan materi dan bahan-bahan non-halal). Halal juga memiliki arti bahwa produk tersebut harus tidak tidak boleh merugikan pelanggan.

Dalam kesempatan itu juga Datuk Dr. Sirajuddin mengkonfirmasi peningkatan pengajuan sertifikasi halal dari perusahaan kosmetik halal di Malaysia serta mancanegara. Untuk sertifikasi halal JAKIM, pemohon perlu memastikan bahwa produk mereka telah terdaftar dan mendapat persetujuan dari National Pharmaceutical Control Bureau. Sertifikasi halal sesuai dengan Standar Konsumen MS2200: 2008 mengenai Pedoman Umum Perawatan Kosmetik dan perawatan pribadi.

Apakah kamu juga tertarik dengan kosmetik halal? Atau bahkan ingin mempelajari seluk beluk label halal? Kini kamu bisa mendapatkan ilmu tersebut di Kampus Manajemen Halal. Untuk pendaftaran kamu bisa langsuk klik disini.

Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa langsung bertanya di +62813-1616-8700 melalui WhatsApp.

Tambah komentar