Kuliah Di Malaysia | Peluang Bisnis Makanan Halal Lebih Menjanjikan

K

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menyampaikan makanan halal di Indonesia harus selalu terjaga pasokannya. Sehingga peluang usaha produk makanan bersertifikasi halal juga akan terjaga keberlangsungannya. Penyelenggaraan jaminan produk halal ini bertujuan memberikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan bagi penduduk Indonesia. Juga menjadi kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan produk.

Ketua Chef Halal Indonesia R Muhammad Suherman atau Chef Herman mengatakan peluang berbisnis bagi produk makanan halal yang mengantongi sertifikat halal tentu jauh lebih baik. Dengan sertifikasi halal maka ada nilai tambah pada produk yang dibutuhkan masyarakat. Pemahaman yang tepat tentang pentingnya standar halal diperlukan bagi masyarakat terutama pelaku usaha. Dengan pemahaman dan kesadaran yang baik, maka pelaku usaha sebagai produsen produk halal akan lebih mudah dalam mengaplikasikan regulasi.

Sertifikasi halal menjadi jaminan bagi masyarakat. Apalagi kini sudah menjadi kewajiban. Kepala BPJPH Sukoso menyatakan bahwa mandatori bersertifikat halal atas produk termasuk makanan dan minuman untuk bersertifikat halal ini merupakan amanat Undang-Undang 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

Namun kewajiban halal yang semulanya berlaku efektif pada bulan Oktober 2019, terancam batal/ditunda. Karena saat ini belum juga muncul uji coba pendaftaran dan layanan. Bahkan lembaga pemeriksa halal(LPH), belum terbentuk di berbagai daerah. Semua proses sertifikasi akan melalui BPJPH, namun masa transisi dari LPPOM yang saat ini mengeluarkan sertfikasi halal ke BPJPH sejak UU JPH 2014 yang sudah berjalan 5 tahun, sampai saat ini belum terjadi proses peralihannya. BPJPH mempunyai kewenangan luas dalam sertfikasi halal.

Batalnya/ditundanya kewajiban halal pada bulan Oktober mendatang penyebabnya bisa saja salah satunya kurangnya tenaga ahli profesional halal. Karena sertifikasi halal tidaklah hanya sekedar sesuai syariat agama saja, melainkan juga sebagai gaya hidup yang sehat. Oleh karena itu hal ini menjadi peluang yang sangat besar sekali untuk pihak yang bergerak di bidang manajemen halal. Di Kampus Manajemen Halal(KMH), mempunyai prodi manajemen halal yang pertama di dunia dan telah menciptakan banyak tenaga ahli profesional halal. Selain itu KMH juga membuka program beasiswa bagi siapapun yang berminat terjun langsung dalam industri halal.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi 081316168700 atau kunjungi instagram kami manajemen_halal  dan facebook kami Mas Uniti . Jom kuliah di Malaysia!

Sumber : Republika

Komentar

oleh Official KMH

Tentang

Dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai pemain utama Industri Halal Dunia, Kampus Manajemen Halal (KMH) hadir sebagai lembaga pendidikan alternatif untuk percepatan penyiapan sumberdaya manusia yang berkompeten sebagai ahli manajemen Industri Halal. KMH di dukung penuh oleh UNITI Kolej Malaysia, sebagai perguruan tinggi pertama di dunia yang mengembangkan program studi Manajemen Industri Halal.

Hubungi Kami

Tanya apa saja!