Peluang Kerja Halal di Masa Depan

52,6 juta jenis pekerjaan yang ada saat ini akan punah dalam beberapa dekade mendatang dan sebagian besar digantikan oleh teknologi. Hal tersebut sesuai dengan trend global saat ini, di mana 60% pekerjaan akan mengadopsi sistem otomatisasi. Sementara itu, 30% sisanya akan menggunakan mesin berteknologi digital (Studi Mc Kinsey; 2016). Jenis pekerjaan yang diperkirakan akan menjadi incaran di masa yang akan datang pun ialah industri kerja halal.

Tahun 2020 kita berada dalam puncak Revolusi Industri 4.0 yang menjanjikan efisiensi lebih besar dan layanan yang lebih murah. Namun hal ini juga mengarah pada hilangnya pekerjaan secara besar-besaran.

Tahun 2020 kita berada dalam puncak Revolusi Industri 4.0 yang menjanjikan efisiensi lebih besar dan layanan yang lebih murah. Namun hal ini juga mengarah pada hilangnya pekerjaan secara besar-besaran. Jenis pekerjaan dengan keterampilan rendah seperti kasir, teller, operator data, dan pekerjaan umum lainnya dapat digantikan dengan mudah oleh mesin. Tanda-tanda itu semua sudah terlihat dalam Amazon Go, minimarket modern tanpa kasir, pelanggan tidak perlu bosan lagi menunggu antrian untuk membayar, ambil barang di rak belanja, keluar dan saldo anda berkurang, semua dilakukan oleh kamera dan sensor. Perusahaan maskapai besar seperti AIR ASIA juga melakukan hal yang sama memanfaatkan teknologi, mulai dari check-in, boarding sampai dengan bagasi penumpang.

Profesi Yang Masih Bisa Bertahan

Teknologi digital akan menciptakan 3,7 juta pekerjaan baru dalam 7 tahun mendatang dan mayoritas berada pada sektor jasa. Namun pekerjaan yang bertahan di masa mendatang tidak semuanya berhubungan dengan penguasaan teknologi.

Profesi yang masih bisa bertahan, adalah profesi yang membutuhkan sentuhan manusia (human touch)  & pekerjaan yang berhubungan dengan emotional intelligence

Profesi lain yang masih bisa bertahan, adalah profesi yang membutuhkan sentuhan manusia (human touch) & pekerjaan yang berhubungan dengan emotional intelligence seperti auditor halal, tenaga profesional halal, seniman, perawat, arsitek, dan pekerjaan-pekerjaan kreatif lainnya.

Permintaan Tenaga Kerja Halal Profesional

Hj Ramlan Hj Naim, Founder Kampus Manajemen Halal memberikan semangat optimisme “Selalu ada kesempatan di balik kesempitan, walau perkembangan dunia industri  saat ini mengarah ke Revolusi Industri 4.0, dimana sebagian besar teknologi mengambil peran manusia. Namun anomali terjadi dalam ekonomi halal.

Bahkan sampai dengan tahun 2050, kebutuhan tenaga kerja profesional di bidang halal kebutuhannya semakin besar

Bahkan sampai dengan tahun 2050, kebutuhan tenaga kerja profesional di bidang halal kebutuhannya semakin besar, semuanya membutuhkan sentuhan manusia (human touch) & berhubungan dengan emotional intelligence. Kesemuanya tidak akan pernah bisa digantikan oleh teknologi”.

Jadilah salah satu tenaga profesional industri halal di masa yang akan datang. Kunjungi kampusmanajemenhalal.com untuk informasi selengkapnya dan untuk mendaftar ke UNITI Kolej kamu bisa klik disini.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, hubungi +62813-1616-8700 melalui WhatsApp.

Tambah komentar