Kuliah Di Malaysia | Produk Halal Sudah Mendunia

K

Menurut Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Ketua Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Sukoso, menyebutkan produk halal saat ini sudah mendunia. Hal tersebut disampaikannya ketika menjadi pemateri di Seminar Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisni Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Dimata Sukoso, produk halal bukan hanya sebuah lebel semata. Tetapi mengedapankan kualitas yang sesuai dengan syariah islam.⁣

Di Indonesia perkembangan bisnis dan produk halal menempati posisi ke-10 secara nasional. Namun di tingkat dunia/global perkembangan bisnis dan produk halal menempati posisi pertama. Kunci utama dalam persaingan global adalah kualitas dari suatu produk.

Namun peluang ini belum dimanfaatkan dengan baik dari dalam negeri. Tingkat industri halal hanya sebatas kajian dan penerapan sertifikasi. Padahal peluang pasar produk halal dinilai sangat besar namun harus diimbangi dengan kemampuan industri halal yang memadai. Sebagai contoh Indonesia hanya mempunyai 1.061 auditor halal, itu pun dimiliki oleh LPPOM MUI sedangkan badan yang saat ini mengurus sertfikasi halal adalah BPJPH dan BPJPH belum memiliki satu pun auditor halal.

Di Indonesia sendiri terdapat 3,79 juta produk UMKM dan diperlukan paling sedikit 35.000-40.000 auditor halal. Hal itu pun masih memerlukan waktu hingga 35 tahun untuk mensertifikasi 3,79 juta produk UMKM tersebut dengan asumsi 3,79 juta produk dibagi dengan 35.000 auditor halal dan waktu yang dibutuhkan untuk proses sertifikasi halal adalah 3 bulan per produk, maka masing-masing auditor memeriksa 105 produk.

Artinya, Indonesia kekurangan paling sedikitnya 35.000 auditor halal. Dengan prodi Manajemen Halal yang dimiliki KMH, salah satu prospek kerjanya adalah menjadi auditor halal. Namun tidak menutup kemungkinan untuk dapat terjun langsung menjadi eksekutif halal dan berbisnis di industri halal. Dan masih banyak lagi peluang yang tersedia dalam industri halal. Untuk dapat Kuliah di Malaysia (KMH) , KMH mempunyai 2 program yakni program beasiswa dan program reguler. Prodi yang dimiliki KMH pun juga tidak hanya Manajemen Halal, melainkan masih ada yang lain pula. Untuk mendaftar di KMH silakan regristasi di https://kampusmanajemenhalal.com/pendaftaran-kmh/ dan bagi yang ingin apply BEASISWA dari KMH atau informasi lebih lanjut hubungi :

Call/WhatsApp : 081316168700
Instagram : manajemen_halal 
Facebook : Mas Uniti

Marilah Kuliah di Malaysia di KMH karena KMH masih membuka program BEASISWA ini hingga ujung tahun. See you in Malaysia! 🇲🇾

Komentar

oleh Official KMH

Tentang

Dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai pemain utama Industri Halal Dunia, Kampus Manajemen Halal (KMH) hadir sebagai lembaga pendidikan alternatif untuk percepatan penyiapan sumberdaya manusia yang berkompeten sebagai ahli manajemen Industri Halal. KMH di dukung penuh oleh UNITI Kolej Malaysia, sebagai perguruan tinggi pertama di dunia yang mengembangkan program studi Manajemen Industri Halal.

Hubungi Kami

Tanya apa saja!